Wednesday, March 3, 2010

Warna Warni Songket Palembang

dok: karimsh.multiply.com
Songket Palembang Motif Bintang Berante


Daerah penghasil Songket selain Padang adalah Palembang. Songket Palembang terkenal dengan gemerlap warna dan motifnya. Pada jaman dahulu, Songket Palembang dibuat dengan benang emas dan hanya dipakai oleh para Raja dan bangsawan karena selain harganya yang mahal, kerumitan motif juga menjadi penanda pangkat dan kedudukan. Sekarang ini benang emas sudah dapat digantikan dengan benang sintetis yang berwarna sama, namun begitu Songket Palembang dengan benang emas asli 24 karat dan benang sutra asli juga masih banyak dibuat dan dijual.


Kekayaan motif dan warna Songket tidak terlepas dari beragam macam budaya, misalnya warna merah dan motif naga berasal dari pengaruh Cina, motif dan warna lainnya berasal dari kebudayaan Arab, Melayu, dan juga agama Islam. Secara keseluruhan motif yang sering digunakan adalah motif tumbuhan, binatang, alam, dan kue (penganan). Keunikan Songket Palembang terdapat pada motif di pinggiran kain Songket yang disebut sebagai Kembang Pinggir. Kembang Pinggir terdapat di keempat sisi kain dan mempengaruhi motif di dalamnya. Saat ini juga berkembang Songket dengan motif yang moderen.

Motif Songket ada 2 macam yaitu motif Lepus atau motif penuh dan motif Tabur atau motif yang tidak penuh. Motif ini berada di tengah-tengah kain sedangkan pinggirannya memiliki motif yang berbeda. Motif Lepus contohnya adalah Lepus Jando Beraes, yang biasa dipakai oleh para janda dan memiliki warna yang mencolok (merah, hijau, dan kuning). Contoh motif Tabur adalah Talah yang berbentuk prisma segi empat, Talam sendiri adalah kue tradisional yang banyak digemari oleh masyarakat Palembang . Salah satu motif yang juga terkenal adalah motif Bunga Berantai yang dipakai oleh orang yang sedang menikahkan anak mereka, perlambang dua keluarga yang bersatu dalam ikatan pernikahan.


dok: Kompas


Kain yang diatas merupaka Songket Palembang dengan Motif Kapal Pinisi, terlihat keunikannya terdapat pada motif Kembang Pinggiran yang terdapat di keempat sisi pinggir kain, sedangkan kain yang dibawah adalah Songket motif Pucuk Rebung.

No comments:

Post a Comment


My Ping in TotalPing.com
Get paid To Promote at any Location