Wednesday, March 10, 2010

Bagaimana proses?

Ada tiga jenis batik: handwritten, cap dan handprinting.

Handwritten batik

Handwriting Batik

Handwriting Batik

Dibandingkan dengan orang lain, adalah lebih ekslusif / mewah dan mahal. Hal ini karena kebutuhan keahlian, pengalaman, kejelian, pasien, dan banyak waktu dalam proses. J batik maker mengambil satu bulan untuk proses itu (yang tercepat waktu) dalam kondisi seperti: cuaca yang baik, pola umum dan tidak terlalu canggih. Untuk membuat batik lebih kompleks, diperlukan 3-6 bulan. Berikut adalah tahapan dalam proses:

  1. It is "ngrengsi" membuat pola pada bahan dan desain. Hal ini diambil dengan menggunakan pensil.
  2. Draw menggunakan lilin dan canting - pencedok kecil yang digunakan untuk menerapkan lilin dalam proses-batik itu dibuat dengan mengikuti pola yang diambil dengan pensil pada kedua sisi-kembali ke-belakang.
  3. "Nyolet" adalah lukisan dengan kuas kanvas atau untuk kebutuhan tertentu warna di area wanted. Hal ini dilakukan dengan mengikuti pola yang diambil oleh pensil.
    Painting

    Lukisan

  4. Mencakup semua bagian uncolored dengan lilin. Ia memiliki niat untuk menghindari pencampuran warna untuk mewarnai berikutnya / ngerek.
    Ngerek (dyeing)

    Ngerek (pencelupan)

  5. Membuat warna pada bahan yang tidak tercakup oleh lilin. Hal ini dilakukan oleh penyelaman menggunakan warna tertentu / ngerek
    Nglorot  (removing wax)

    Nglorot (menghapus lilin)

Setelah penyelaman, adalah kering di bawah sinar matahari, dan biarkan kering. Kemudian, ulangi proses sebelumnya / kedua tahap berikutnya, adalah "nglorot" menghilangkan lilin dari bahan oleh meletakkan pada wadah dan menggunakan air panas, perebusan dalam suhu yang tinggi. Setelah bersih dari lilin, biarkan kering dan kembali ke proses sebelumnya-meliputi menggunakan lilin untuk menahan pertama dan kedua warna-Wax buka tutup dan proses dapat dilakukan berulang kali sesuai dengan jumlah warna dan kompleksitas desain mau. Proses terakhir adalah membersihkan bahan menggunakan air bersih, dan jemur sebelum memakai.

Batik cap

Stamping

Stamping

Cap yang digunakan adalah yang terbuat dari logam yang ada dalam pola. Oleh karena itu, tidak diperlukan banyak waktu untuk proses batik cap, hanya membutuhkan waktu 10 hari dan mampu memproduksi batik dalam besar, lebih mudah dan sederhana. Berikut ini adalah sebagai berikut manners:

  1. Pembuatan pola / desain ingin putih pada bahan. Ia dibuat oleh stamping. Jangan lupa untuk desinfeksi panas terlebih dahulu ke dalam lilin yang disimpan di kapal dan tekan pada bahan.
  2. Pertama warna proses. Dip-bahan yang bebas dari lilin ke-warna tertentu. Kering di bawah sinar matahari dan biarkan kering. Kemudian, kembali ke proses batik-menarik menggunakan lilin dan canting untuk menutup-warna yang pertama itu dilarang menggunakan cap ketika membuat warna meliputi proses.
  3. Terus melakukan penyelaman kedua warna. Kemudian, yang mengabaikan lilin dari bahan oleh meletakkan di tempat yang sama dengan air hangat.
  4. Setelah pembersihan dan pengeringan, kembali ke proses batik: memelihara warna pertama dan kedua menggunakan lilin dan canting. Pembukaan dan penutupan proses dapat dilakukan berulang-ulang berdasarkan jumlah warna dan kerumitan desain mau.
  5. Mencuci batik, jemur, biarkan kering sebelum memakai.

Handprinting batik

Handprinting

Handprinting

Ini juga disebut "penyaringan batik" karena kesamaan pada proses. desain dan warna yang telah dibuat atau dirancang pada offset / screening. Karena itu, lebih mudah saat memproses. Yang laku adalah:

  1. Proses pewarnaan pertama, dimulai dengan membuat pola / putih pada desain ingin menggunakan bahan sutera-screening. Terus berulang untuk membuat kedua warna serta membuat batik kombinasi.
  2. Kering di bawah sinar matahari atau letakkan di oven khusus. Biasanya, biarkan untuk 2-3 hari agar obat dapat menyerap dalam material.
  3. Ada dua pilihan: uap menggunakan uap pada suhu yang tinggi atau menggunakan bahan kimia, gelas air. Memiliki tujuan untuk tetap menjaga dan warna pada bahan dan untuk menghindari dihitamkan.
  4. "Nglorot" mengabaikan yang dari bahan lilin, dan kering
http://article.linggageni.com

No comments:

Post a Comment


My Ping in TotalPing.com
Get paid To Promote at any Location