Thursday, March 4, 2010

Jenis-Jenis Batik!

Kalau rame-rame kita berkoar tentang budaya Batik yang diklaim oleh negara tetangga kita sekarang yang sudah mulai mengakui, kini timbul pertanyaan apakah kita sendiri tahu jenis-jenis batik itu sendiri?

Seperti diketahui, Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “nitik”. Kata batik sendiri meruju pada teknik pembuatan corak menggunakan canting atau cap dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna corak “malam” (wax) yang diaplikasikan di atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna.

Sesuai ceritanya, Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama.

Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

Nah, Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu.

Oleh karena itu, berikut merupakan sedikit informasi mengenai jenis-jenis Batik yang tealah ada sejak dulu hingga saat ini.

Penasaran seperti apa Batik-Batik tersebut? berikut foto-fotonya.

Batik Bu Harto

Batik Buket Design Eropa

Batik Buket Pekalongan

Batik Hokokai

Batik Lasem

Batik Obar Abir

Batik Parang Barong

Batik Parang Rusak

Batik Tiga Negeri

Chinese Girl Batik

Kedungwuni atau Batik Dewa-Dewa

Nah itu merupakan sedikit dari jenis-jenis Batik yang dapat dikumpulkan oleh Rileks.Com, kalau mau ditelusuri lebih dalam masih buanyak banget yang mungkin belum masuk dalam bagian jenis-jenis batik disini.

So, ayo kita banggakan Batik mulai sekarang! (Berbagai Sumber/Ezz)
http://fungky46.wordpress.com

No comments:

Post a Comment


My Ping in TotalPing.com
Get paid To Promote at any Location