Sunday, March 7, 2010

Tangerang genjot industri kreatif

Rabu, 24/02/2010 18:40:41 WIBOleh: Sonny Madjid
TANGERANG (Bisnis.com): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten tahun ini akan menggenjot program pengembangan industri kreatif.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diseprindag) Kabupaten Tangerang Doddy Hermiyono mengatakan pengembangan industri kreatif tersebut difokuskan pada industri daur ulang limbah padat pabrik, pengolahan filet ikan, dan memaksimalkan kerajinan tangan. “Tiga segmen ini akan kita fokuskan,” paparnya, kepada Bisnis, hari ini.

Kenapa industri kreatif, kata Doddy, pilihan ini dimaksudkan untuk menciptakan produk yang tidak ada samanya dengan produk lain. Tinggal bagaimana nanti, lanjut dia, produk kreatif tersebut bisa memiliki nilai jual dan bisa diterima pasar. "Ini sekaligus mengantisipasi ekonomi pasar bebas," katanya.

Sesuai program jangka panjang Disperindag, dikatakan Doddy, Bupati Tangerang Ismet Iskandar telah menyetujui ada 13 komoditas industri kreatif yang harus digarap maksimal. “Dari 13 komoditas tadi, tiga di antaranya ya itu tadi. Limbah padat, kemasan filet dan kerajinan tangan,” paparnya.

Untuk melaksanakan program ini, Disperindag melibatkan antarinstansi. Seperti Bappeda, Dinas Pertanian dan Peternakan, dan Dinas Koperasi dan UMKM dalam bentuk tim.

Tahun ini, Disperindag menyiapkan anggaran pengembangan industri kreatif sebesar Rp3,76 miliar. Lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya Rp5,255 miliar. “Tapi kami yakin tetap berjalan,” katanya. (msb)
http://web.bisnis.com

No comments:

Post a Comment


My Ping in TotalPing.com
Get paid To Promote at any Location