Thursday, October 21, 2010

MENGAPA BATIK PRINTING LEBIH DISUKAI KETIMBANG CAP DAN TULIS ?


Barangkali ini merupakan hal yang wajib diketahui oleh Pengrajin,Pengusaha atau Pembisnis Batik dimanapun berada, karena dalam setiap pameran atau gelar produk Batik selalu dan selalu Batik Printing yang laku keras dibanding dengan Batik Cap apalagi Tulis. Beberapa dugaan mengarah kepada hal-hal yang membuat Batik Printing "lebih diminati", pertama karena teknik dan pewarnaan Batik Printing sudah lebih kaya dan banyak pilihan. Kedua Batik Printing dibilang sangat terjangkau harganya, konsumen akan mendapatkan barang yang cukup banyak dengan jumlah kocek yang dianggap murah. Terakhir Batik Printing mudah dicari, karena hampir setiap penjual batik akan menawarkan batik-batik printing dengan beragam corak.
Namun jika dikaji lebih jauh , sebenarnya kualitas batik printing akan jauh berbeda dengan batik cap apalagi batik tulis. Salah satu contoh, warna batik dari batik tulis akan lebih "jreng" jika sudah beberapa kali dicuci dan dipakai, sementara batik printing akan mudah luntur dan semakin memudar ketika beberapa kali dicuci dan dipakai. Dari hal ini pula sebenarnya wajar jika Batik Tulis lebih mahal dari batik cap dan batik printing. Belum lagi dalam performance Batik Tulis yang lebih banyak variasi yang mempunyai kualitas yang mumpuni bahkan cenderung mewah dan elegan.
Pandangan tersebut tidak banyak berpengaruh kepada konsumen menengah kebawah, mereka lebih cenderung mencari barang yang murah,yang banyak pilihan dan gampang dicari. Tentu hal ini akan meguntungkan posisi perkembangan pemasaran produk batik printing yang semakin hari semakin banyak permintaan. Apalagi jika dikaitkan dengan kebutuhan seragam batik anak-anak sekolah dari mulai TK,SD,SLTP dan SLTA, maka batik printing semakin banyak yang mencari. Disektor konsumen umum, batik printing semakin menjadi pilihan utama untuk pakaian seragam batik yang jika sudah bosan maka gampang mengganti dengan yang baru. Mungkin hal itulah yang mendorong pemasaran produk batik printing sangat unggul jika dibanding dengan pemasaran produk batik cap dan batik tulis.
Akhirnya semua kembali kepada konsumen yang akan menikmati manfaatnya, jika memang yang murah yang dicari tentunya pilihan akan tetap jatuh pada batik printing.
Barangkali yang jadi perhatian khusus seharusnya ditujukan kepada para produsen batik printing, agar terus mengupayakan perbaikan kualitas produknya, lebih banyak mendulang inovasi baik desain maupun teknik produksi. Karena bagaimanapun "booming" batik printing jangan menjadi bumerang dikemudian hari bagi para konsumen. Moment yang baik ini harus lebih ditunjang dengan beragam upaya terobosan invasi baru, karena suatu saat ada masanya titik kebosanan akan muncul pada para konsumen.
Demikian ,semoga tulisan yang sederhana ini akan mampu memberikan masukan yang positif bagi "dunia batik" kita. Semoga lebih meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha batik di negeri sendiri.

Penulis,
Halimi,SE,MM.

No comments:

Post a Comment


My Ping in TotalPing.com
Get paid To Promote at any Location