Thursday, October 7, 2010

Hari Batik

Hari Batik – Tanggal 2 Oktober telah di tetapkan sebagai hari batik, batik yang telah di akui dunia bahwa seni kerajinan tangan satu ini adalah milik Indonesia patutlah ita banggakan. Batik identik dengan kebudayaan tradisional milik Bangsa Indonesia sejak dulu kala.

Hari Batik

Kata “batik” berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: “amba”, yang bermakna “menulis” dan “titik” yang bermakna “titik”. Batik adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik yng tidak mudah, penggunaan motif-motif tertentu pada batik ini merupakan arti dan kekhasan daerah-daerah berbagai Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, maka dari itu oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

Satu tahun sudah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik. SBY menuturkan bahwa dunia, melalui United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) juga sudah mengakui batik sebagai milik Indonesia. Penghargaan juga langsung diberikan UNESCO di Abu Dhabi, 2 Oktober tahun lalu.

Pengakuan ini layak diapresiasi sebagai kebanggaan atas kemenangan budaya nasional. Sebab, batik adalah salah satu komoditas yang sudah mulai diproduksi oleh negara tetangga, yaitu Malaysia. Dalam kesempatan tersebut SBY pun mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk tidak melupakan batik dan memakai batik tiap tanggal 2 Oktober.

“Kalau kita sudah mendapatkan, kita syukuri. Kedua, mari kita lestarikan, paling tidak memakai batik tiap tanggal 2 Oktober,” imbau SBY.(detik com)

Nah, tidak ada salahnya kita memperingati Hari Batik setiap tanggal 2 Oktober tiap tahunnya, apalagi Batik merupakan warisan budaya yang HARUS di lestarikan dan dikembangkan agar tak punah oleh zaman Dan tidak diakui oleh bangsa lain. Karena Batik milik Bangsa Indonesia.

Apalagi sekarang ini, Batik sudah disulap menjadi beberapa model pakaian yang cukup modern dan keren untuk di pakai. Seperti jaket nuansa batik, kaos, kemeja, topi maupun sepatu yang ada unsur batik nya juga. Jadi bisa di pastikan batik akan mengikuti perkembangan mode lifestyle zaman.

http://www.batikprada.com/hari-batik.html

No comments:

Post a Comment


My Ping in TotalPing.com
Get paid To Promote at any Location