Sunday, June 28, 2009

Sukses menggoreng kerupuk


SUKSES MENGGORENG KERUPUK ala Mama

Sore ini aku sukses membuat kerupuk :). Soalnya biasanya ga sukses. Kerupuk yang aku goreng kadang masih keras sebagian. Kelihatnya sepele ya tapi ada trik-triknya lho supaya kerupuk yang kita goreng renyah. Berikut tips-tips yang aku dapat dari artikel info kuliner majalah Femina. Semoga berguna.

  1. supaya hasilnya lebih mekar, sebelum di goreng, beberapa jenis kerupuk harus di jemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari hingga kering.
  2. gunakan wajan cekung yang dalam untuk menggoreng, agar minyak dapat menenggelamkan seluruh permukaaan kerupuk.
  3. Untuk kerupuk yang tipis dan berukuran besar (kerupuk udang atau legendar), goreng satu per satu ke dalam minyak dengan panas sedang sambil ditekan-tekan agar tidak melengkung.
  4. untuk kerupuk kecil (kerupuk bawang atau kerupuk keju), bisa digoreng sekaligus, yang penting minyak bisa menenggelamkan semua kerupuk.
  5. Khusus untuk kerupuk tebal (kerupuk ikan palembang), supaya tidak bantat, sebaiknya goreng kerupuk dalam dua tahap. Pertama goreng di dalam minyak banyak yang tidak terlalu panas diatas api kecil hingga setengah mekar, aduk sebentar, angkat dan tiriskan. Lanjutkan dengan menggoreng kerupuk dalam minyak banyak yang panas sambil diaduk-aduk hingga merkar sempurna.
  6. untk mengurangi sisa-sisa minyak yang menempel di kerupuk, tiriskan kerupuk dengan bantuan tisu makan.
  7. setelah kerupuk dingin, simpan dalam wadah kedap udara, agar kerupuk tetap renyah

cheers....


chandra


No comments:

Post a Comment


My Ping in TotalPing.com
Get paid To Promote at any Location