Tuesday, June 16, 2009

Batik Pekalongan, Diakui Sebagai Warisan Budaya Dunia

Senin, 8 Juni 2009 | 16:31 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Kerajinan batik Kota Pekalongan, Jawa Tengah dalam waktu dekat mendapatkan pengakuan dari UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan) sebagai salah satu warisan budaya dunia.

"Pengakuan dari UNESCO tersebut dijadwalkan dilakukan pada Oktober 2009. Karena itu masyarakat Indonesia khususnya Kota Pekalongan bisa mempertahankan nilai estetika batik," kata Ketua Paguyuban Pecinta Batik Pekalongan, Fatiyah A. Kadir di Pekalongan, Senin (8/6).

Menurut dia, upaya mengusulkan kerajinan batik bisa diakui Unesco sebagai warisan budaya dunia melalui proses panjang dan cukup rumit karena harus memenuhi persyaratan, seperti penyiapan naskah akademik tentang batik dan adanya dukungan dari pemerintah.

"Batik Indonesia yang diusulkan tersebut bukan motifnya melainkan nilai estetikanya yang sampai saat ini masih dipegang teguh oleh sebagian perajin batik Pekalongan," katanya.

Rusdiyanto salah seorang perajin batik mengatakan, para perajin optimistis dengan adanya pengakuan dari Unesco akan menambah kerajinan batik Kota Pekalongan bisa lebih dikenal dunia.

"Rencana pengukuhan dari UNESCO kami pastikan akan menambah motivasi para perajin untuk lebih mngembangkan kerajinan batik," katanya.

Sent from Indosat Blackberry powered by

BNJ

source:
http://regional.kompas.com/read/xml/2009/06/08/16310176/batik.pekalongan.diakui.sebagai.warisan.budaya.dunia

No comments:

Post a Comment


My Ping in TotalPing.com
Get paid To Promote at any Location