Thursday, April 8, 2010

Jumputan Unik

Jumputan, salah satu kain tradisional yang eksotis. Beberapa daerah menyebut kain ini sebagai kain pelangi, memiliki proses pembuatan yang unik dan berbeda dengan kain lainnya. Kebanyakan motif kain dibuat melalui proses tenun atau gambar, tapi motif kain ini dibuat melalui teknik ikat dan celup yang lebih dikenal dengan teknik jumputan.

Teknik jumputan adalah teknik pembuatan kain dengan mengikatkan biji-bijian pada selembar kain, biji tersebut digunakan untuk membuat motif. Pewarnaannya menggunakan metode celup, setelah melalui proses pencelupan, kain tersebut dijemur. Setelah kering, barulah ikatan-ikatan tersebut dibuka dan akan terlihat lingkaran-lingkaran yang berasal dari ikatan. Biji yang digunakan bisa kacang ijo atau dapat disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan, bahkan ada pula yang menggunakan kerikil sebagai pengganti biji. Untuk ikatan bisa menggunakan karet atau tali raffia.

Penulis pernah mencoba untuk membuat kain jumputan. Proses pembuatannya cukup mudah hanya tinggal mengikatkan biji kacang dengan karet sesuai dengan motif yang diinginkan. Dalam pembuatan motif ini mungkin saja digunakan banyak biji dan karet karena motif yang dibuat cukup besar. Setelah proses pencelupan, kain dijemur, dan setelah kering baru ikatan-ikatan tersebut dibuka. Bagian kain yang terikat akan berwarna lebih muda. Warna tersebut yang disebut dengan jumputan.

Proses pembuatan kain jumputan memang lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan batik atau kain tenun lainnya, tetapi sebenarnya kain jumputan sendiri mempunyai keunikan yang tidak kalah dari kain-kain lainnya. Yang paling menonjol adalah motif jumputan yang berbentuk lingkaran-lingkaran berbeda dengan kain lainnya yang dapat berupa gambar perahu, awan dan lain-lain. Kemudian dari segi pembuatan motif, jika pada kain lainnya, perajin dapat berkreasi melalui gambar lain; misalnya Batik dengan motif kupu-kupu atau burung, motif jumputan hanya berupa lingkaran, jika ingin membuat suatu gambar atau pola tertentu, perajin harus merangkai pola tersebut dari lingkaran-lingkaran. Gambar yang lsering dibuat adalah gambar bunga atau binatang.

No comments:

Post a Comment


My Ping in TotalPing.com
Get paid To Promote at any Location