Thursday, February 18, 2010

Sekapur Sirih Tentang Songket

Beberapa motif Songket Padang

 



Songket adalah jenis tenunan tradisional daerah Melayu. Nama songket sendiri berasal pada benang tambahan di antara lungsi saat menenun sebuah kain dan membentuk sebuah motif. Motif inilah yang sejarah dan asal usul kain Songket. Persebaran Songket sendiri pulau Sumatra sampai Bali. Pada jaman dahulu material pembuat Songket didatangkan dari Tiongkok dan India, benang sutra dar Tiongkok dan benang emas/perak dari India.





Karena material pembuatannya yang cukup mahal, Songket pada jaman dahulu hanya dipakai pada acara-acara resmi seperti pernikahan dan terbatas pada raja dan bangsawan. Tetapi dengan perkembangan jaman material Songket dapat diganti dengan benang sintetis baik pada benang sutra maupun emas/perak dan kegunaannya pun tidak sebatas lagi untuk acara formal dan pada kalangan tertentu tetapi juga bisa dipakai sebagai pakaian sehari-hari dan oleh semua lapisan masyarakat. 
Songket sendiri masih bermotif tradisional seperti flora dan fauna lokal, dan penganan favorit raja. Corak tradisional tersebut disebabkan oleh cara pembuatan Songket yang masih tradisional, yaitu ditenun tangan.Songket dipakai laki-laki sebagai destar dan penutup kepala, dan kemudian wanita sebagai sarung, selendang dan baju kurung. Pada jaman sekarang Songket juga dijadikan hadiah perkawinan untuk pengantin perempuan dari pengantin laki-laki.


(posted by 1235ty)

No comments:

Post a Comment


My Ping in TotalPing.com
Get paid To Promote at any Location