Friday, March 23, 2007

Media Indonesia Online

NUSANTARA
Jawa Tengah - DIY


Batik Pekalongan Pecahkan Rekor Dunia

Penulis: Akhmad Safuan
PEKALONGAN--MIOL:
Batik asal Pekalongan pecahkan rekor dunia dan mendapatkan kiriman sertifikat Guinnes World Records. Rekor kategori batik terbesar the largest batik, sepanjang 1.200 m2 (setara 12.916 kaki), diberikan kepada Paguyuban Pecinta Batik Pekalongan (PPBP).
Keterangan yang dihimpun Media Indonesia di Pekalongan, Rabu (21/3), menyebutkan dalam catatan lembaga pencatat rekor dunia yang berpusat di London itu, PPBP disahkan menerima sertifikat Guinnes World Records.
Soalnya, lembaga itu telah membatik kain sepanjang 1.200 meter persegi (setara 12.916 kaki) dalam waktu sehari, termasuk pewarnaannya. Seribu pembatik tulis itu beraksi dalam acara Batik On The Road, 16 September 2005, sebagai rangkaian Festival Batik Pekalongan 2005 yang mengusung tema Dari Pekalongan Membatik Dunia.
"Kami bersyukur dan bangga atas prestasi ini, semoga dunia akan mengingat Pekalongan karena batiknya dan bila berbicara batik tentu tak akan bisa lepas dari Pekalongan," kata Ketua Panitia FBP 2005 Romi Oktabirawa, Rabu.
Rekor batik dunia sebelumnya dibukukan oleh Sarkasi Said dari Singapura pada 2003 yang membatik 100 m batik. Setelah Pekalongan melakukan pemecahan yang terbaru dengan 1.200 m2 dengan melibatkan 1.000 pembatik dalam satu hari tersebut, rekor dunia beralih ke Indonesia.
Pada mulanya panitia FBP 2005, berkirim surat elektronik ke bagian verifikasi Guinnes World Records Ltd. Dengan mengantongi nomer identifikasi klaim 137068 dan nomor keanggotaan 125649, panitia yang diwakili Romi Oktabirawa selaku ketua, M Ani Sofyan (kamerawen), dan Arief Wicaksono (still photo).
Peristiwa itu didukung kesaksian Nusyirwan Tirtaamidjaja (Iwan Tirta, batik artisan), Roy Suryo Noto Diprojo (ahli multimedia), dan Larasati Suliantoro Sulaiman (dosen filsafat estetika Universitas Gadjah Mada) menandatangani agreement dengan pihak Guinnes World Records Ltd. Dilengkapi dokumen audio visual, fotografi, kliping liputan dari media cetak dan elektronik utama di Indonesia. (AS/OL-02)
www.mediaindo.co.id/berita.asp?Id=127908

No comments:

Post a Comment


My Ping in TotalPing.com
Get paid To Promote at any Location